15 Daftar Alat Pertanian Sederhana Buatan Petani Tanpa Mesin

15 Daftar Alat Pertanian Sederhana Buatan Petani Tanpa Mesin

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang inovasi petani dalam membuat alat pertanian sederhana tanpa mesin. Inovasi dalam teknologi pertanian memiliki peran yang penting dalam meningkatkan produktivitas usaha para petani, sehingga memiliki peluang untuk meningkatkan kesejahteraan hidup petani, salah satunya adalah inovasi teknologi tepat guna.

Seperti apa saja inovasi pertanian tersebut? Yuk simak penjelasan kami :

1. ATABELA (Alat Tanam Benih Langsung)

Cara kerja alat ini adalah dengan mengisi botol dengan benih padi, kemudian diletakkan di lubang kotak pengatur menit, selanjutnya ditarik roda akan berjalan berputar sehingga kedok yang ada di bawah samping roda akan mendorong benih, benih akan keluar lewat lubang yang ada di kotak bagian bawah.

2. Alat Tanam Padi Semi Mekanis

Cara kerjaalat ini yaitu meletakkan benih padi hasil semayan, kemudian Letakkan pada alat tersebut dan ditarik mundur, selanjutnya pedal diputar, benih padi mempunyai tekanan secara otomatis dengan jarak 22 cm dan kecepatan kerja 0,03 ha/jam.

3. Alat Tugal Jagung

Alat ini menggunakan pipa atau paralon dengan ujung bagian bawah yang Lancip buka tutup dan Jorong pada bagian atas serta pedal untuk membuka tutup, corong bagian atas berfungsi untuk memasukkan benih jagung.

4. Alat Tugal Jagung Dengan Roda

Alat ini terbuat dari velg sepeda yang telah dimodifikasi, sistem kerjanya dengan cara didorong yang nanti akan menghasilkan lubang tanam.

5. Alat Tanam Bibit Cabe

Alat Tanam Bibit ini hampir mirip dengan alat tanam jagung, namun bentuknya lebih besar.

6. Alat Panen Padi

Alat Panen padi ini terbuat dari pisau panjang yang berbentuk huruf c yang dipasangkan gagang panjan,dimana terdapat penyangga di ujung alat. Cara kerjanya yaitu Mengayunkan alat pada batang padi yang sudah matang.

BACA JUGA  Jangan Buang Puntung Rokok, Jadikan Pembasmi Hama Cabe

7. Alat Pemipil Jagung

Alat ini terbuat dari sok pipa paralon yang telah diberi baut pada sampingnya, cara kerjanya cukup mudah yaitu dengan cara memasukkan tongkol jagung yang telah kering, kemudian memutarkannya kekiri dan kekanan. Berbeda dengan yang tadi alat ini terbuat dari Talenan dan ban sepeda bekas yang telah dipotong-potong namun fungsinya sama.

8. Alat Tabur Pupuk

Alat ini biasanya digunakan untuk tanaman jagung, cabe dan lain-lain yang menggunakan pupuk butiran. Alat ini terbuat dari pipa paralon  panjangnya 120 cm, menggunakan pengait besi dan peer dan bisa bongkar pasang atau dimodifikasi. cara kerjanya yaitu dengan cara menumbuk atau menekan tiang paralon.

9. Alat Pemasang Mulsa

Alat ini digunakan dengan cara manual yaitu dengan tenaga manusia, dengan cara memasukkan gulungan Mulsa pada alat kemudian alat ditarik alat dilengkapi dengan roda sebagai penyangga Mulsa agar tidak bergeser saat dipasang.

10. Alat Pelubang Mulsa

Alat ini terbuat dari besi atau alumunium yang ujungnya diberi gerigi, serta dibuatkan tiang pada bagian atas, cara kerjanya cukup mudah yaitu dengan cara menekankan alat pada mulsa.

11. Alat Membuat Bedengan

Alat ini terbuat dari tiang beroda satu di belakangnya yang diberi besi yang berfungsi sebagai bajak, cara kerjanya yaitu dengan cara didorong pada lahan yang sudah dibajak.

12. Landakan

Alat ini biasa disebut landakan yang terbuat dari papan yang ditancapkan paku-paku yang dibengkokkan dan memakai gagang sekitar dua meter dan diberi pegangan pada ujungnya berbentuk huruf t, cara kerjanya cukup mudah yaitu dengan cara mendorongkan maju mundur pada gulma yang ada disekitar tanaman padi.

13. Alat Perontok Padi

Caranya penggunaan alat ini digerakkan menggunakan tenaga manusia dengan menekan pedal di bagian bawah sehingga roda yang bagian atas akan berputar. Ketika roda berputar masukkan hasil padi yang sudah dipanen.

BACA JUGA  Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Jenis Pupuk

14. Alat Memasukkan Gabah

Cara kerjanya sangat mudah yaitu dengan cara mendorong alat pada tumpukan gabah, selanjutnya alat diangkat dan akan masuk pada karung yang sudah ditempatkan pada alat.

15. Alat Penyiang Gulma

Alat ini terbuat dari lempengan besi yang dipasangkan pada tiang kayu, cara kerjanya yaitu dengan cara ditarik-tarik disekitar gulma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *