Manfaat Air Kelapa Muda untuk nutrisi tanaman

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Nutrisi Tanaman

Siapa disini yang suka minum kelapa muda? Air kelapa muda memiliki banyak manfaat terutama dalam kesehatan. Namun tahukah kalian bahwa air kelapa muda memiliki banyak manfaatnya dalam tanaman juga loh. Yuk kita simak apa saja manfaat air kelapa dalam tanaman.

Air kelapa muda memberi nutrisi pada tanaman :

  1. Air kelapa muda mengandung hormon yang berguna untuk pertumbuhan tanaman, seperti hormon giberelin, auksin, dan sitokinin.
  2. Menurut penelitian selain mengandung hormon, dalam air kelapa muda juga terdapat nutrisi untuk tanaman seperti kalium, kalsium, nitrogen, magnesium dan lain-lain.

Adapun cara pemakaiannya yaitu :

  1. Menggunakan air kelapa muda yang segar
  2. Dicampur kan ke dalam 50 ml air kelapa dengan satu liter air
  3. Siramkan ke tanaman secukupnya
  4. Bisa menggunakan sprayer atau siram langsung

Adapun manfaat lain dari air kelapa muda yaitu :

  1. Tumbuh Lebih Cepat

pemberian air kelapa muda bisa membantu tanaman untuk tumbuh lebih cepat karena mengandung hormon pertumbuhan. Selain itu bisa sebagai pupuk untuk pertumbuhan vegetatif tanaman

  1. Memicu Pertumbuhan Akar

Hormon auksin dan sitokinin dalam air kelapa muda dapat memicu pertumbuhan akar tanaman. Dimana perakaran tanaman yang baik berfungsi dalam proses penyerapan unsur hara dalam tanah, sehingga pertumbuhan tanaman akan meningkat.

  1. Perkecambahan Benih

Hormon giberelin dalam air kelapa muda dapat memicu dan mempercepat perkecambahan pada benih tanaman.

Wah, manfaat air kelapa muda ternyata sangat banyak ya teman-teman untuk pertumbuhan tanaman kita, apakah kalian tertariku ntuk mencoba? Selagi ada yang mudah, kenapa kita tidak mencoba untuk menerapkannya? Yuk kita coba agar kita juga bisa mendapatkan manfaatnya.

BACA JUGA  Jangan Buang Puntung Rokok, Jadikan Pembasmi Hama Cabe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *