Jangan Buang Puntung rokok, jadikan pembasmi hama cabe

Jangan Buang Puntung Rokok, Jadikan Pembasmi Hama Cabe

Indonesia menduduki peringkat ketiga paling tinggi sebagai negara dengan banyaknya jumlah perokok, sebanyak 33,8% atau sekitar 65,7 juta penduduk adalah perokok. Padahal sudah banyak yang tahu mengenai dampak buruk dari merokok, salah satunya berkaitan dengan kesehatan. Namun siapa sangka, putung rokok bisa loh kita manfaatkan sebagai pestisida nabati dari puntung rokok.

Seorang petani tentunya menginginkan agar tanaman yang dihasilkan adalah sehat dan memberikan hasil yang maksimal, namun terkendala dengan faktor serangan hama dan penyakit. Tanaman yang sehat serta produksi yang tinggi tanpa pengaruh pestisida, masih menjadi masalah petani saat ini. Masyarakat saat ini mulai memikirkan dan mempertimbangkan tentang produksi yang sehat tanpa sentuhan pestisida.

Nah melihat dari permasalahan ini, tentunya menjadi peluang bagi para petani untuk memberdayakan limbah puntung rokok sebagai sarana yang potensial untuk mengendalikan hama pada tanaman pertanian, dan ternyata puntung rokok bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati. seperti apa proses pembuatan dan pengaplikasiannya? Yuk kita simak uraiannya :

  1. Menggunakan limbah puntung rokok berjenis filter yang ada saringannya, sekitar enam gram atau sekitar dua genggam sesama abunya
  2. Kemudian dicampurkan dengan air, bisa menggunakan air sumur sekitar 2 liter
  3. Lalu aduk larutan puntung rokok dan air pada wadah yang telah di siapkan
  4. Selanjutnya masukkan pada botol air mineral bekas
  5. Setelah kita isi pada botol, kita kocok-kocok dalam keadaan tertutup rapat
  6. Kita diamkan dan simpan putung rokok yang telah dikocok
  7. Simpan larutan ditempat teduh dan terhindar dari panas matahari langsung selama kurang lebih 4-7 hari
  8. Setelah empat harian cairan untuk rokok tadi kita buka dan kita saring (Baunya sangat menyengat sekali)
  9. Selanjutnya setelah kita saring tadi, kita masukkan kembali ke dalam botol plastik bekas air mineral dan bisa kita simpan atau langsung kita aplikasikan pada tanaman yang terserang hama penyakit.
BACA JUGA  Manfaat Air Kelapa Muda untuk Nutrisi Tanaman

Pengaplikasian aplikasi pestisida nabati dari puntung rokok ini juga bisa sebagai alternatif pengendalian atau pencegahan serangan hama penyakit, untuk pengaplikasian penyemprotan disini saya menggunakan dua liter air yang dicampurkan pestisida nabati sekitar 800cc atau 1 liter air untuk 200cc pestisida nabati, masukkan ke dalam semprotan dan kita aduk, lalu siap untuk diaplikasikan.

Bagaimana teman-teman, bukankah caranya sangat mudah untuk kita coba? Yuk kita coba cara unik yang mudah ini, sekaligus kita juga bisa membantu mengurangi limbah sampah dari putung rokok. Semoga Bemanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *